Cara Share Network

Tulisan ini merupakan perbaikan dari yang sebelumnya, soalnya yang kemaren itu saya sempat ada kesalahan dan saya memperbaiki semuanya pada kali ini.
Yang saya maksudkan share network disini adalah, berbagi pakai jaringan internet dari kompi (bahasa gaulnya PC) satu ke kompi lain yang belum terkoneksi internet. Jadi, yang harus anda persiapkan disini adalah anda harus menyediakan 1 buah kompi yang persyaratan nya sebagai berikut :

  • Memiliki 2 buah lan card. Bisa onboard ataupun lan card tambahan.
  • Sudah koneksi dengan internet, untuk memastikannya coba test dengan mengetikkan perintah ping "google.com" di run. Apabila "reply" berarti sudah connect atau bisa juga ditest dengan browsing melalui web browser anda.


Nah, untuk selanjutnya kita setting kompi ini.


  1. Install network setup wizard.
  2. Masuk ke network connections lalu klik file pilih network setup wizard.
  3. klik next, kemudian next lagi, lalu diantara 3 pilihan yang muncul klik pilihan yang pertama "this computer connects directly bla...bla...bla.." lalu next. Dan pilih lan card mana yang akan di sharingkan. pilih yang sudah connect ke internet. lalu next
  4. Selanjutnya anda hanya perlu mengklick next, next, dan next. jangan lupa untuk men-checklist bagian turn on file and printer sharing. ini berguna agar anda dapat sharing data dan printer di jaringan anda.
  5. Tunggu sampai proses selesai.
Sampai langkah diatas, anda sudah mengaktifkan share network di komputer anda, selanjutnya anda perlu mengatur ip pada kedua lan card anda, yang satu untuk internet dan yang satu untuk kompi lain yang menerima internet dari kompi anda.
  1. Masuk ke network connections lalu disana akan terdapat 2 icon kompi. Jika anda sudah terkoneksi internet, maka pada salah satu icon kompi tersebut ip-nya telah teratur dengan baik sementara yang satu lagi disable atau ip-nya masih kosong. Enable kan bila sedang disable
  2. lihat konfigurasi ip pada lan card anda yang terhubung internet. misalkan ip saya sebagai berikut
  3. Kemudian klik saja cancel karena anda tidak perlu melakukan perubahan. Klik kanan pada lan card kedua dan klik propertis. Masukkan konfigurasi ip nya dengan ip adress yang berbeda dengan ip address pada lan card kedua dan masukkan juga subnet mask nya sementara yang lain kosongkan saja
  4. Klik ok.
Nah, sekarang kompi yang satu ini sudah siap untuk membagi jaringannya untuk kompi yang lain. Kalau misalnya anda punya kompi lain atau pun laptop, anda hanya tinggal menyambungkan kabel UTP anda dari laptop anda ke kompi anda yang sudah kita set tadi, lalu instal kan network setup wizardnya seperti pada langkah 1 tadi, yang berbeda adalah pada saat muncul 3 pilihan seperti pada langkah no 3 tadi, pilih yang kedua "this computer connects to the internet through...bla...bla...bla....." dan next sampai selesai. Lalu atur ip nya sebagai berikut:
  1. Masukkan ip address anda yang belum terpakai oleh kompi lain. Sebagai contoh karena ip 192.168.1.2 dan 192.168.1.3 sudah dipakai maka masukkan 192.168.1.4 atau yang lain.
  2. Masukkan subnet nya. Kemudian pada default gateway isikan ip address pada lan card 2 pada kompi satu tadi. Lalu isikan DNS nya sesuai pada kompi 1 tadi.
  3. Klik ok bila sudah................
Sekarang anda bisa internetan dari laptop anda karena anda mendapatkan jaringan internet yang sudah di share dari kompi pertama tadi. Jadi bila kompi anda mati maka otomatis laptop anda juga tidak bisa connect internet. Kompi 1 tadi bertindak sebagai server untuk laptop tadi sedangkan laptop bertindak sebagai client yang menerima jaringan dari kompi 1. Untuk menambahkan kompi lain ataupun laptop lain, anda hanya perlu mengikuti langkah terakhir untuk laptop tadi, dan anda juga sudah bisa browsing seperti yang lain. Cara ini juga bisa anda terapkan untuk membangun warnet yang simple dan sederhana.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Facebook Twitter RSS